Cara Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Advertisement
Cara Memilih Badak Sesuai Jenis Kulit
Sumber Gambar : google.com

Hai wanita Indonesia, pasti pernah kan menggunakan bedak. Tapi apakah Anda sudah mengenali bedak yang Anda gunakan agar main mempercantik Anda. Semua jenis bedak memiliki fungsi yang sama, akan tetapi masing-masing kulit wajah wanita Indonesia memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai dengan jenis kulit. Berikut ini adalah cara untuk memilih bedak untuk wanita Indonesia.

Cara Memilih Bedak

Jika jenis kulit Anda berminyak, maka gunakan bedak dengan bahan yang mengandung bahan penyerap minyak agar wajah Anda tampak lebih segar dan tidak mengkilap. Sedangkan jika jenis kulit Anda normal atau kering, maka gunakan bedak yang mengandung pelembab supaya kulit wajah Anda tampak lebih halus.

Tips
1. Kulit Berminyak
Jika wajah Anda tampak mengkilap pada siang hari, jangan langsung memberikan bedak pada kulit wajah Anda. Serap terlebih dahulu minyak pada wajah Anda dengan tisu atau kapas.

2. Kulit Kering
Anda harus cermat dan tidak menggunakan terlalu banyak bedak. Selalu gunakan pelembab (moisturizer) sebelumnya, agar tidak terjadi gumpalan bedak di sekitar garis-garis wajah.

Pemilihan warna
Untuk kulit Asia, baik yang kuning atau sawo matang. Umumnya bedak dengan nuansa warna kuning maupun agak coklat lebih sesuai dibanding dengan bedak warna merah muda maupun putih pucat. Jika Anda ragu, bisa menggunakan bedak warna transparan yang lazim disebut dengan bedak Tranlucent Powder. Karena bedak transparan ini warnanya hampir polos, maka sifatnya adaptif. Cocok untuk jenis warna kulit.

Jenis warna kulit yang tidak cocok menggunakan bedak transparan adalah warna kulit yang sangat gelap, maupun sebaliknya yang sangat pucat. Untuk kedua jenis warna kulit ini, pilih bedak yang warnanya mendekati (atau pun satu warna lebih muda) dari warna kulit yang sangat gelap maupun sangat pucat tersebut.

Tips: Ketika mencoba warna bedak, cobalah bedak tersebut pada bagian tengah antara leher dan wajah. Jika tidak memungkinkan, cobalah di bagian dalam pergelangan tangan, karena warna dibagian tersebut paling dekat dengan warna kulit wajah. Dengan demikian , bisa diketahui mana yang cocok dengan Anda.

Penggunaan
Setelah membubuhkan foundation dan concealer, diamkan sebentar lebih kurang selama 1-2 menit agar meresap dan menyatu dengan tekstur kulit. Sesudahnya, baru bubuh kan bedak yang Anda pusatkan pada bagian wajah yang cenderung berminyak, yaitu daerah T (dahi, hidung, dagu)

Agar tampak halus bubuh kan bedak dan buang kelebihannya dengan menggunakan kuas bulu tebal. Bersihkan lah dengan gerakan memutar menuju arah bawah (arah dagu). Hal ini akan menghilangkan kelebihan/gumpalan bedak pada kulit, terutama pada sekitar garis rambut dan alis.

Bisa juga Anda membubuhkan bedak langsung menggunakan kuas, tapi ingatlah untuk tetap membersihkan wajah dari sisa kelebihan bedak sesudahnya. Gunakan bedak sebelum Anda mulai merias wajah, agar rias tersebut awet/ tahan lama. Ingatlah bahwa rias wajah, termasuk bedak, perlu waktu untuk diserap dan menyatu dengan kulit. Sesudah Anda menggunakan bedak, tunggulah selama 1-2 menit. Jika tampilan bedak tersebut terlalu mencolok/terlalu tebal, maka sapukanlah kuas bulu tebal pada permukaan wajah. Lalu semprotkan sedikit facial spray maupun air mineral dan tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan tisu.

Jenis bedak
Umumnya bedak terdiri dari 2 bentuk yaitu bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (compact powder). Pemilihan bedak ini tergantung dari kebutuhan Anda. Bedak tabur tidak praktis untuk di bawa pergi karena bisa tumpah. Untuk merias wajah di rumah gunakan bedak tabur. Untuk merapikan riasan wajah di luar rumah gunakan bedak padat.

Bedak padat, selain praktis, juga bisa disesuaikan jumlah pemakaiannya. Jika Anda kesulitan dalam memakai pembubuhan bedak (cenderung untuk terlalu banyak membubuhkan bedak). Lebih baik gunakan bedak padat saja.

Bagaimana wanita Indonesia? sudah tahu kan cara memilih bedak sesuai dengan jenis kulit Anda. Semoga informasi dari tim Dibalik Wanita bisa bermanfaat untuk wanita Indonesia.

Salam,
Dibalik Wanita
Advertisement